April 14, 2024
1679036680_6414110882492_yyonzppg6oc6yhm3r1vu-webp-webp


Hargaponsel.netMemori internal HP penuh adalah situasi di mana ruang penyimpanan internal pada perangkat HP Anda telah mencapai kapasitas maksimalnya. 

Memori internal yang penuh di HP Android dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti performa yang menurun, aplikasi yang tidak bisa dibuka, dan bahkan HP yang tidak bisa dihidupkan. 

Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti terlalu banyak aplikasi, game, foto, video, dan file lainnya di memori internal. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

Baca Juga: Punya Teknologi Komunikasi Satelit, Cek Harga HP Xiaomi 14 Pro Titanium Special Edition

1. Hapus Aplikasi atau Game yang Tidak Digunakan

Aplikasi dan game yang tidak digunakan dapat memakan banyak ruang penyimpanan di memori internal. Oleh karena itu, hapuslah aplikasi atau game yang tidak digunakan untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Untuk menghapus aplikasi atau game, buka menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi. Pilih aplikasi atau game yang ingin dihapus, lalu klik Hapus.

2. Hapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi adalah data sementara yang digunakan oleh aplikasi untuk mempercepat proses loading. Namun, cache aplikasi yang menumpuk dapat memakan banyak ruang penyimpanan. Oleh karena itu, hapuslah cache aplikasi secara berkala.

Untuk menghapus cache aplikasi, buka menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi. Pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya, lalu klik Penyimpanan. Klik Hapus cache.

Baca Juga: HP Redmi A3 Siap Dipesan, Kamera ala Xiaomi 14 Ultra Harga Sejutaan

3. Bersihkan Data Media WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling banyak memakan ruang penyimpanan di memori internal. Untuk mengatasinya, bersihkan data media WhatsApp secara berkala.

Untuk membersihkan data media WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih Pengaturan > Penggunaan data dan penyimpanan > Kelola penyimpanan. Pilih File media, lalu klik Hapus.

4. Matikan Unduhan Otomatis WhatsApp

Untuk mencegah WhatsApp mengunduh media secara otomatis, matikan fitur ini di pengaturan WhatsApp.

Untuk mematikan unduhan otomatis WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih Pengaturan > Penggunaan data dan penyimpanan > Unduhan otomatis media. Matikan Unduhan otomatis gambar, Unduhan otomatis video, dan Unduhan otomatis dokumen.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kepribadian, Kamu Termasuk Salah Satunya?

5. Gunakan Aplikasi Cleaner

Aplikasi cleaner adalah aplikasi yang dapat membantu membersihkan memori internal dari file-file yang tidak penting, seperti cache, file sampah, dan file instalasi.

Ada banyak aplikasi cleaner yang tersedia di Google Play Store. Pilihlah aplikasi cleaner yang memiliki rating bagus dan fitur yang lengkap.

6. Hapus atau Pindahkan Foto dan Video

Foto dan video adalah salah satu jenis file yang paling banyak memakan ruang penyimpanan di memori internal. Oleh karena itu, hapuslah foto dan video yang tidak penting atau pindahkan ke penyimpanan eksternal.

Untuk menghapus foto dan video, buka aplikasi Galeri, lalu pilih foto atau video yang ingin dihapus. Klik Hapus.

Baca Juga: Bukan Drone! Syuting Iklan RCTI di Sawah Pelabuhan Ratu Ternyata Pakai Alat Ini

Untuk memindahkan foto dan video ke penyimpanan eksternal, masukkan kartu memori ke slot memori eksternal HP Anda. Buka aplikasi Galeri, lalu pilih foto atau video yang ingin dipindahkan. Klik Bagikan, lalu pilih Simpan ke penyimpanan eksternal.

7. Gunakan Kartu Memori Eksternal

Jika memori internal HP Anda sudah penuh, Anda dapat menggunakan kartu memori eksternal untuk menyimpan file-file yang tidak penting.

Pilihlah kartu memori eksternal yang memiliki kapasitas yang cukup untuk menyimpan file-file yang ingin Anda pindahkan.

Jika Anda sudah melakukan semua cara di atas, tetapi memori internal HP Anda masih penuh, Anda dapat melakukan factory reset. Factory reset akan menghapus semua data di HP Anda, termasuk aplikasi, game, foto, video, dan file lainnya.

Baca Juga: Lokasi Iklan Jadul RCTI di Tengah Sawah Ternyata di Pelabuhan Ratu Sukabumi

Namun sebelum melakukan factory reset, amankan atau backup dahulu file-fiel yang sekiranya penting dengan cara memindahkan ke memori eksternal atau ke flashdisk. Untuk melakukan factory reset, buka menu Pengaturan, lalu pilih Cadangkan dan reset > Reset perangkat. Klik Reset perangkat lagi untuk mengonfirmasi.



Source link