April 14, 2024
1709815146_65e9b56a0ef14_ulr5xjsc4cfaxonaz2b2-webp-webp

Hargaponsel.net – Kasus HP tercebur ke dalam air memang jarang terjadi. Namun, meski begitu hal tersebut bukan tidak mungkin Anda alami sewaktu-waktu.

Seperti diketahui jika air bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen perangkat elektronik seperti HP. Karena itu, penting untuk mengetahui cara pertolongan pertama saat HP tercebur ke dalam air.

Jika ponsel tercebur ke dalam air, langkah-langkah berikut dapat membantu mengurangi kerusakan dan meningkatkan peluang untuk memperbaikinya:

Baca Juga: Mulai Rp 1 Jutaan! Daftar Harga HP Vivo Terbaru Bulan Maret 2024

1. Keluarkan dari Air

Angkat ponsel dari air sesegera mungkin. Hindari menggoyangkan ponsel terlalu keras untuk mencegah air masuk lebih dalam.

2. Matikan Ponsel

Segera matikan ponsel untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Jangan mencoba menyalakannya atau menekan tombol apapun.

3. Lepaskan Komponen yang Dapat Dilepas

Jika memungkinkan, lepaskan baterai (jika ponsel dapat dilepas), kartu SIM, dan kartu memori. Ini akan membantu mengurangi risiko korosi pada komponen utama.

Baca Juga: Cara Blokir Nomor Tidak Dikenal yang Sering Menelpon di HP Android atau iPhone

4. Keringkan dengan Lembut

Gunakan handuk atau kertas tisu untuk mengeringkan ponsel secara lembut dari luar. Jangan menggunakan pengering rambut atau sumber panas lainnya karena dapat merusak ponsel.

5. Gunakan Penyerap Air

Taruh ponsel dalam sebuah wadah dengan beras atau silika gel. Bahan-bahan tersebut dapat menyerap kelembaban dengan lebih baik. Biarkan ponsel dalam wadah tersebut selama setidaknya 24 jam.

6. Jangan Dinyalakan Terlalu Cepat

Meskipun ponsel tampak kering, jangan menyalakannya terlalu cepat. Tunggu setidaknya 24 jam untuk memastikan bahwa semua kelembaban telah hilang.

Baca Juga: Selisih Harga Rp 1 Jutaan, Ini Bedanya HP Redmi Note 13 vs Redmi Note 13 Pro 4G

7. Periksa untuk Kerusakan

Setelah mengeringkan ponsel, periksa apakah ada tanda-tanda kerusakan seperti noda air, kerusakan pada layar, atau fungsi yang terganggu. Jika ada, Anda mungkin perlu membawa ponsel ke layanan profesional.

8. Jika Diperlukan, Hubungi Layanan Teknis

Jika ponsel tidak berfungsi setelah melakukan langkah-langkah di atas, bawa ponsel ke pusat layanan teknis yang terpercaya. Mereka mungkin memiliki alat dan pengetahuan yang diperlukan untuk memperbaiki ponsel Anda.

Penting untuk diingat bahwa tidak ada jaminan bahwa ponsel Anda akan selamat setelah tercebur ke dalam air. Namun, langkah-langkah di atas dapat membantu meminimalkan kerusakan dan meningkatkan kemungkinan perbaikan.