April 14, 2024
1698233439_6538fc5f4fc8e_0lv0ce35aeuuvcnqozq3-webp-webp


Hargaponsel.net – Memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi bisa menjadi tugas yang cukup mudah atau rumit tergantung pada penyebabnya.

Namun, saat hal tersebut terjadi usahakan untuk tidak panik, lalu coba periksa dengan teliti kondisi dari keyboard itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak.

Baca Juga: 7 Cara Memperbaiki Resleting Tas yang Tidak Mau Menyatu, Mudah Kok!

1. Periksa Fisik Keyboard

Periksa kondisi fisik keyboard laptop karena mungkin sudah kotor akibat debu. Coba bersihkan kotoran yang menempel bisa dengan kuas atau meniupnya dengan blower.

2. Coba Restart Laptop

Terkadang masalah sementara dapat diperbaiki dengan restart. Restart laptop Anda dan lihat apakah keyboard mulai berfungsi setelahnya.

3. Periksa Pengaturan Keyboard

Pastikan keyboard tidak dinonaktifkan secara tidak sengaja melalui pengaturan sistem. Anda dapat memeriksa pengaturan keyboard di “Pengaturan” atau “Control Panel” (di Windows) atau “System Preferences” (di MacOS).

Baca Juga: 9 Cara Memperbaiki WiFi Laptop yang Lemot dan Bermasalah

4. Periksa Driver Keyboard

Pastikan driver keyboard di laptop Anda diperbarui. Anda dapat melakukan ini melalui “Device Manager” di Windows atau “System Information” di MacOS.

5. Periksa dengan Keyboard Eksternal

Sambungkan keyboard eksternal ke laptop Anda dan lihat apakah itu berfungsi. Jika keyboard eksternal berfungsi, maka masalah mungkin terletak pada keyboard internal laptop.

6. Coba Safe Mode

Boot laptop Anda ke dalam “Safe Mode” dan lihat apakah keyboard berfungsi di sana. Jika demikian, mungkin ada program pihak ketiga yang mengganggu.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Keluarga, Penting Untuk yang Baru Menikah

7. Nonaktifkan dan Aktifkan Keyboard

Coba nonaktifkan dan aktifkan keyboard melalui Device Manager di Windows atau System Preferences di MacOS.

8. Periksa Kabel Fleksibel

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang memadai, buka casing laptop dan periksa kabel fleksibel yang menghubungkan keyboard ke motherboard. Pastikan tidak ada kerusakan atau koneksi yang longgar.

9. Bawa ke Layanan Teknisi

Jika semua langkah di atas gagal, mungkin ada masalah perangkat keras yang memerlukan perbaikan oleh teknisi profesional. Bawa laptop Anda ke layanan teknisi terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.

Pastikan untuk mempertimbangkan garansi laptop Anda sebelum melakukan perbaikan sendiri atau membawa ke teknisi. Jika laptop masih dalam garansi, membawa ke layanan resmi dapat memastikan bahwa garansi tetap berlaku.



Source link